Teknik Tanam Padi IIRA  

Posted by Kampungku in , , ,

pojokrejo.co.cc >>

Teknik tanam padi metode IIRA ditemukan oleh Dharma Panji, teknik ini menggunakan sistem natural dan juga mengandalkan kesuburan tanah secara alami.

Teknik ini agak rumit dan memerlukan perhatian dan perlakuan yang cukup ekstra juga tetapi semua itu bisa diatasi dan sudah banyak yang berhasil, terutama daerah Jabar dan telah diadopsi daerah lain sperti Malang, Klaten, Sragen Purwokerto dan juga Sumatra Selatan.

Tahapan Sistem IIRA sebagai berikut :

Tahap I :
Merupakan tahap persiapan dan memperbaiki lahan, mulai dari memperbaiki sifat fisika, kimia, hingga biologi sawa serta menghidupkan mikro organisme yang menguntungkan. Hal ini dilakukan dengan memperbaiki saluran irigasi, mengatur air agar tidak mengair terus dan tidak menggenang.
Menebar kapur pertanian, serabut kelapa dan ampas kelapa, menyemprot bakteri dan jamur yang merugikan dengan menyemprotkan bakteri yang menguntungkan seperti : pseudomonas flourensent.

Tahap II :
Kegiatan pembenihan dan penanaman padi sampai keluar malai. Benih sebelum ditebar harus direndam larutan coryne bacterium selama 15 menit.

Tahap II :
Pemeliharaan dan menanggulangi hama dan penyakit yang dilakukan sejak mulai keluar malai sampai panen Selain menanggulangi dan mengendalikan hama penyakit dengan agen hayati, juga menjaga kondisi sawa agar selalu retak basah dan melakukan penyemprotan PK organik hayati.

Inti dari teknik ini adalah tanah harus selalu retak dan basah tetapi tidak boleh becek.
This entry was posted on Monday, April 19, 2010 at 6:13 AM and is filed under , , , .

0 comments

Post a Comment