Uji Benih Padi Bernas  

Posted by Kampungku in , , , , ,

pojokrejo.co.cc >>

Uji benih sangat diperlukan dan mutlak dilakukan untuk mendapatkan benih unggul dengan tingkat tumbuh yang baik dan dapat menghasilkan produksi yang maksimal. Sayangnya selama ini uji benih belum pernah dilakukan oleh petani karena kurangnya informasi yang petani dapatkan sehingga benih yang dijual di toko atau kios pertanian dianggap sudah layak dan bermutu.

Uji benih sistem Bernas adalah cara menguji benih yang sangat mudah, murah, dan sederhana. Caranya sangat mudah dan bahan yang diperlukan juga tersedia di setiap rumah tangga.

Mengapa uji benih ini diperlukan ?
Uji benih ini diperlukan untuk mendapatkan benih unggul yang dapat tumbuh sempurna, tahan penyakit, dan dapat menghasilkan produksi optimal.
Benih yang ada selama ini beredar di pasar ternyata tidak atau belum sepenuhnya melalui uji bernas, sehingga meskipun waktu disemai benih-benih tersebut tumbuh tetapi tidak bisa menghasilkan produksi yang optimal.

Bagaimana cara melakukan uji Bernas ?
  • Siapkan bahan yang diperlukan :
  1. garam dapur
  2. telur ayam/itik mentah
  3. ember / timba
  4. air
  • Cara menguji benih
Masukkan air ke dalam timba/ember kemudian masukkan garam sedikit demi sedikit dan aduk sampai garam larut. Selanjutnya masukkan telur ke dalam campuran. Jika telur itu tenggelam maka tambah garam lagi sampai telur mengapung. Setelah telur mengapung, ambil telurnya. Selanjutnya masukkan benih padi ke dalam larutan lalu aduk pelan-pelan biarkan beberapa saat kemudian benih yang baik dan layak akan tenggelam kedasar ember sedang yang terapung adalah benih yang jelek dan harus dibuang. Selanjutnya aduk lagi, jika ada yang mengapung, ambil dan buang.

Setelah semua benih di uji bernas kemudian benih yang baik dicuci sampai bersih untuk menghilangkan kandungan garam. Selanjutnya rendam benih bernas dalam air bersih selama 2 hari stelah itu tiriskan selama 1 hari hingga titik tumbuh kelihatan.

Untuk lebih jelasnya Anda dapat melihat video uji bernas secara live di bawah ini :

Enjoy aja menikmatinya sambil nyemil atau ngopi.

This entry was posted on Wednesday, June 16, 2010 at 1:09 AM and is filed under , , , , , .

0 comments

Post a Comment