Musim Panen  

Posted by Kampungku in , , ,

pojokrejo.co.cc >>

Musim Panen Padi kali ini boleh dikatakan sebagai musim yang paling menguntungkan dibanding musim panen padi sebulumnya. Ada banyak alasan mengapa musim panen kali ini lebih baik dibanding musim sebelumnya.

Diantaranya adalah :
  • Rata-rata hasil panen kali ini lebih baik dan lebih banyak tiap hektarnya atau per petaknya.
  • Sistem pengairan lebih baik dibanding sebelumnya, dimana saat membutuhkan pengairan debit air dirasakan petani cukup dan curah hujan juga mendukung.
  • Ketepatan saat menanam juga menentukan, hal ini terbukti karena sebagian petani yang menanam terlambat ada sebagian mesiki tidak banyak padi yang tidak berisi (gabuk bahasa jawa red).
  • Pemupukan dan penanganan pasca tanam yang baik.
  • Dan sebagainya yang nggak mungkin disebutkan disini.
Bukan berarti hal ini tidak ada keluhan dari petani, misal saat musim panen sulit menjual gabah karena curah hujan yang tinggih sehingga para tengkulak kurang bergairah dalam melakukan aqad jual beli dan faktor lainnya.

Ada fenomena baru di musim panen kali ini di kampungku yaitu mulai adanya sistem jual padi di lahan (tebasan jawa red). Sebenarnya sistem ini bukan hal baru di sebagian daerah tetapi di kampungku ini adalah fenomena baru yang patut untuk di cermati perkembangannya.
This entry was posted on Friday, April 16, 2010 at 5:49 PM and is filed under , , , .

0 comments

Post a Comment